Busana Picu Penyakit


APA yang Anda kenakan sehari-hari ternyata bisa menjadi pemicu penyakit. Jika Anda merasa ada rasa gatal atau ruam kemerahan dekat cuping telinga, bisa jadi itu disebabkan anting-anting yang Anda kenakan.

Nikel

  • Merupakan satu pemicu alergi paling dikenal. Seperti kebanyakan penyebab alergi, alergi karena nikel bisa saja baru terlihat setelah beberapa tahun. Selain penggunaan anting-anting, nikel digunakan sebagai pengait tali bra, kancing jins dan perhiasan baju.
  • Solusinya, Anda bisa beli salep antialergi, seperti hydrocortisone. Pilih perhiasan yang terbuat dari baja untuk pengoperasian atau platinum. kedua bahan ini hypoallergenic. Anda juga bisa gunakan alat deteksi nikel saat belanja. Lebih amannya, ganti pengait logam dengan bahan dari plastik atau yang tertutup bahan kain.
  • Satu trik lainnya, mengoleskan kuteks bening atau tempelan di bagian dalam kancing celana jins. Alergi terhadap nikel berarti Anda memiliki kulit sensitif. Jadi, pastikan Anda menggunakan produk kosmetik hypoallergenic dan bebas pewangi.

Denim

  • Selain nikel, kesempitan bisa mengganggu kesehatan. Bahan denim adalah bahan keras dan kasar. Belakangan, makin banyak orang mengenakan celana denim ketat yang bisa menimbulkan keringat dan melukai kulit. Inilah yang akan menimbulkan pori-pori tersumbat dan rambut tak tumbuh keluar atau foliculitis pada kaki. Anda akan menyadarinya pada area paha.
  • Persering pemakaian pelembap dan sering-seringlah mengeksfoliasi kaki Anda. Gunakan salicylic acid untuk mengatasi masalah ingrown. Jangan lupa temui dokter kulit, jika tak ada perubahan setelah tiga hari.

Sepatu

  • Begitu juga pada sepatu yang ukurannya tak sesuai, atau terlalu besar. Ini bisa menimbulkan gesekan di tempat yang tak dibutuhkan hingga akhirnya menyebabkan masalah kulit.

Tas

  • Soal barang bawaan juga berpotensi mengganggu kesehatan. Anda terbiasa menenteng tas yang berukuran besar? Berhati-hatilah. Tas yang terlalu berat bisa menggesek kulit pundak, hingga menimbulkan keringat, panas dan menimbulkan peradangan.
  • Jika Anda memiliki jerawat di bagian atas punggung atau pundak, basuh area tersebut dengan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide 10 persen. Coba kurangi beban tas Anda dan ganti bahan pakaian lebih ringan dan menyerap keringat. Seperti katun atau sutera yang memberikan ventilasi lebih baik dibanding sintetis.
  • Jika jerawatnya tak mau hilang, konsultasikan dengan dokter kulit. Jangan lupa mengganti posisi tali tas ke lainnya saat menenteng tas. Terlalu lama menenteng tas di satu sisi bisa menimbulkan tekanan otot pundak dan leher yang akhirnya menyebabkan masalah pada tulang punggung.

sumber: marie claire/kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s